Crystal X

Selasa, 30 Desember 2014

6 Cara Mudah Untuk Mengontrol Kadar Asam Urat Dalam Tubuh

Masalah asam urat bisa terjadi karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Zat purin tersebut diolah di dalam tubuh dan menjadi asam urat namun jika kadarnya berlebihan maka ginjal tidak mampu mengeluarkannya secara otomatis melalui urin. Dan pada akhirnya akan membuat asam urat menumpuk dalam persendian. Jika penumpukan terus menerus terjadi maka sendipun akan terasa nyeri bahkan terjadi peradangan dan kemudian bengkak. Sebab itu kita harus mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.
Untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh bukanlah hal sulit dan hal itu bisa dimulai dari merubah gaya hidup. Dibawah ini beberapa tips sederhana untuk mengontrol asam urat dalam tubuh yang bisa Anda lakukan :
1. Konsumsi banyak serat
Menurut beberapa penelitian makanan yang memiliki banyak kandungan serat dapat mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba tips ini seperti mengonsumsi berbagai macam sayuran agar kadar asam urat dalam tubuh selalu normal.
2. Campurkan minyak zaitun dalam memasak
Dibandingkan berbagai minyak lain minyak zaitun mengandung asam lemak yang lebih rendah. Karena itulah mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun merupakan salah satu solusi ampuh.
3. Hindari makanan manis
Makanan dengan rasa manis memiliki kadar gula yang sangat tinggi dan hal tersebut dapat meningkatkan asam urat yang ada di dalam tubuh. Karena itulah hindari atau kurangilah konsumsi makanan dengan tinggi gula dan beralihlah ke makanan yang lebih sehat seperti berbagai macam buah segar.
4. Perbanyak minum air putih
Apabila anda meningkatkan pengonsumsian air putih maka asam urat akan keluar dengan mudahnya melalui urin. Pastikanlah kebutuhan cairan harian anda terpenuhi.
5. Buah ceri
Buah ceri merupakan salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi saat anda menderita penyakit asam urat. Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang berguna untuk mengontrol asam urat.
6. Tingkatkan konsumsi vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang bisa membantu Anda mengendalikan asam urat dalam tubuh. Dengan mengonsumsi setidaknya miligram vitamin C secara rutin setiap hari dapat membuat tubuh Anda jadi lebih sehat dan juga meminimalkan risiko terjadinya penyakit asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar