Crystal X

Rabu, 10 Desember 2014

Hindarilah Makanan-Makanan Ini biar terhindar dari Kerusakan Gigi Part 2

Meskti tidak ada keluhannya,pemeriksaan gigi secara sangat  dianjurkan oleh para ahli. Para Ahli Biasanya menyarankan untuk memeriksakan setiap 6 bulan sekali tapi bisa saja lebih sering tergantung dari penggunaan gigi tersebut.
Mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke mulut adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan pada gigi. Tidak hanya permen saja yang patut diwaspadai, beberapa dari  makanan dan minuman yang lebih biasa dikonsumsi sehari-hari juga ada yang bisa merusak gigi anda.
Inilah Beberapa makanan dan minuman yang bisa merusak gigi dan jarang diketahui :
1. Minuman soda diet
Kandungan gula pada minuman soda untuk diet sering diklaim lebih rendah dari minuman bersoda lainya. Akan tetapi meski tidak ada gula yang bisa merusak gigi, kandungan asam yang tinggi pada minuman soda diet tetap dapat mengikis enamel pada gigi.
Jika terlalu sering dikonsumsi hal ini dapat mengakibatkan bagian dalam gigi terekspos menyebabkan gigi menjadi sensitif dan bisa juga berlubang.
Menyikat gigi setelah minum minuman soda tidak disarankan karena asam membuat enamel lunak sehingga gigi menjadi mudah terkikis jika disikat. Apabila memang harus mengonsumsi minuman yang bersoda, dokter menyarankan untuk berkumur dengan air setelah minum untuk menghilangkan kandungan asam. Minum menggunakan sedotan juga disarankan untuk meminimalisir kontak antara soda dengan gigi anda

2. Keripik kentang
Saat awal dikunyah keripik kentang mungkin teksturnya renyah , akan tetapi lama kelamaan keripik bisa berubah menjadi lembek seperti bubur yang menempel di sela-sela bagian mulut. Meski rasa keripik kentang gurih, akan tetapi  sebenarnya kentang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.
Kandungan gula yang tinggi dan kecenderungan untuk mudah menempel membuat keripik kentang menjadi salah satu makanan yang bisa membawa masalah pada gigi anda.

3. Es batu
Hampir di seluruh rumah makan es batu umum digunakan untuk menjaga minuman agar tetap dingin. Tidak sedikit orang dikatakan Alldritt memiliki kebiasaan menggigit es batu yang tersisa saat ditaruh di dalam rongga mulut.

Es sebenarnya cukup keras yang jika digigit dapat dengan mudah merontokkan enamel atau meretakkan gigi. Apabila Anda adalah salah satu yang memiliki kebiasaan tersebut disarankan untuk menghabiskan minuman tanpa tergoda memasukkan es ke dalam mulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar