Crystal X

Jumat, 05 Desember 2014

Segera Cek Penyebab Nyeri di Ulu Hati

Pernahkah anda merasakan nyeri pada ulu hati yang rasa sakitnya hampir tidak tertahankan? Sebagian orang sering mengkaitkan rasa nyeri ini dengan maag yang diakibatkan naiknya asam lambung namun sebenarnya kondisi ini bisa menjadi indikasi terjadinya gangguan pada organ lain seperti batu empedu karena itu sebaiknya Anda mewaspadai nyeri di ulu hati ini. Menurut Kepala Bagian Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UNPAD kehadiran penyakit batu empedu acap tak disadari oleh penderitanya sebab gejala awalnya tidak terlihat spesifik contohnya adalah rasa kembung pada perut yang berlangsung bertahun-tahun juga rasa tidak nyaman dan nyeri di ulu hati.
Biasanya para penderita mengabaikan gejala ini karena menganggap bahwa itu hanyalah gejala penyakit maag biasa yang akan hilang setelah mengkonsumsi obat maag seperti antasida dan makan makanan berat. Bila kondisi seperti ini terus berlangsung maka lama kelamaan akan terjadi perubahan pada kulit juga mata dan warna air seni Anda. Kulit tubuh serta mata dan air seni akan berwarna kuning hamper sama dengan gejala yang nampak pada penderita penyakit liver atau yang biasa dikenal dengan sebutan penyakit kuning. Kondisi ini disebabkan terdapat gangguan pada sekresi empedu dan dapat menyebabkan terganggunya pencernaan serta penyerapan lemak dan akhirnya mengakibatkan defisiensi vitamin juga terjadi pengendapan kolesterol yang akhirnya akan membentuk batu empedu.
Penyakit batu empedu ini bisa menimpa siapa saja tidak mengenal siapapun orangnya terlebih mereka yang memiliki faktor genetis penyakit ini dari pendahulunya. Dengan mewaspadai nyeri di ulu hati dapat mencegah kita dari resiko penyakit batu empedu bahkan resiko kematian. Pola makan sehat merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi resiko terkena penyakit yangbbisa menjadi mematikan ini. Menghindari makanan yang mengandung kolesterol dan banyak mengkonsumsi serat baik sayuran maupun buah-buahan adalah salah satu syarat utama untuk terhindar dari penyakit yang satu ini. Imbangi hidup Anda dengan istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur dan tetap waspadalah dengan rutin melakukan check up ke dokter terutama saat mengalami gejala mual serta nyeri di ulu hati.

Nyeri yang terjadi di ulu hati bisa juga disebabkan oleh faktor stress atau pola diet yang salah juga adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri patogen. Untuk meminimalkan resiko lebih baiknya segera periksakan ke rumah sakit terdekat jikaa terjadi gejala nyeri pada ulu hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar