Crystal X

Rabu, 10 Desember 2014

Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil Penderita Kista

Wanita sangat rentan terhadap gangguan kesehatan yang berhubungan dengan alat reproduksi. Salah satu gangguan tersebut adalah adanya kantung yang berisi cairan dalamnya yang muncul pada tubuh khususnya pada indung telur atau biasa disebut dengan kista. Rasa cemas ketika didiagnosa menderita kista pada tubuhnya apalagi bila ibu sedang hamil bukanlah hal tabu bagi para wanita.
Anda pasti cemas juga mengkhawatirkan kesehatan janin dalam kandungan Anda. Disaat hamil kista akan muncul dan membesar disebabkan adanya hormon estrogen pada ibu yang sedang hamil.
Para wanita dapat mengalami kista di kelenjar indung telur atau ovarium. Kista pada ovarium ada berbagai macam, salah satunya adalah kista fungsional yaitu kista yang akan hilang dengan sendirinya setelah ari-ari terbentuk dan ada pula kista dermoid yaitu kista yang ada dari jaringan embrio. Bahkan dalam beberapa kasus kista dapat tumbuh pada bibir kemaluan wanita.
Menjaga pola hidup sehat sangat penting baik bagi Anda yang divonis mengalami kista disaat hamil ataupun bagi Anda yang memiliki riwayat kista. Selama masa kehamilan Anda dapat menjaga pola asupan makanan yang tepat sehingga dapat mengurangi risiko adanya gangguan pada kesehatan pada ibu dan janin.
Makanan untuk penderita kista jinak yang masih dalam masa kehamilan:
1. Salmon
Selain kandungan omega 3 ikan jenis ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga salmon tidak hanya baik pada jantung akan tetapi dalam meningkatkanm kadar androgen pada wanita yang sedang terkena kista ovarium.
2. Selada
Selada yang erwarna hijau dapat mengurangi resistensi insulin sehingga menekan risiko gangguan yang disebabkan oleh resistensi insulin dan salah satunya yaitu kista.
3. Brokoli Hijau
Di dalam brokoli terdapat banyak manfaat termasuk dapat mengurangi risiko dan pencegahan kanker. Kandungan yang ada di dalam brokoli hijau yaitu variasi vitamin dan juga kalori serta indeks glikemik serta kandungan anti kanker .
4. Tomat
Jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat ini memiliki kandungan rendak glikemik dan kaya likopen di dalamnya. Tomat juga merupakan makanan anti penuaan yang baik untuk menangkal kista juga dapat membantu menurunkan berat badan.
5. Susu
Kalsium yang sangat baik untuk kesehatan ibu yang sedang hamil, selain itu kandungan dari susu juga dapat membantu dalam proses pematangan sel telur dan membangun folikel ovarium serta memperkuat tulang. Untuk memenuhi kecukupan nutrisi setiap hari ibu hamil dapat mengkonsumsi 2 gelas susu secara rutin.
6. Telur
Ibu hamil harus memastikan tingkat kematangan telur yang dikonsumsi untuk menghindari bakteri yang masuk kedalam tubuh ibu hamil apabila proses memasak tidak sempurna. Kandunga yang ada di dalam telur dapat Anda gunakan untuk menangkal kista.
7. Yogurt
Kandungan yang ada di dalam yogurt dapat melindungi wanita dari terjadinya infeksi sehingga sangat baik bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko dan mencegah terjadinya kista.
8. Bayam

Mengkonsumsi makanan yang berkalori rendah merupakan salah satu solusi untuk ibu hamil yang sedang terkena kista dan salah satunya adalah bayam. Makanan yang memiliki kalori rendah akan membantu Anda dalam induksi ovulasi juga menjaga kesehatan ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar