Crystal X

Minggu, 18 Januari 2015

Sering Lupa saat Hamil Inilah Penjelasannya

Ketika anda menjadi calon ibu baru sering sekali anda lupa serta mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Gejala pelupa ini sering disebut dengan nama mamnesia, pregnancy brain dan juga mommy brain. Banyak ibu yang sedang hamil menanyakan tentang kebenaran masalah momnesia ini. Penyebab dari masalah mamnesia diantaranya karena adanya perubahan hormon serta menyusutnya ukuran yang pada sel-sel yang terapat di otak ketika kehamilan berada pada trimester akhir. Sel-sel otak itu secarc otomatis akan kembali lagi membesar pada 2 minggu ketika akan menjalani kelahiran serta akan kembali pada ukuran yang normal beberapa bulan kemudian setelah melahirkan.
Mamnesia berasal dari singkatan kata mama dan amnesia. Hal ini sering digunakan oleh ibu hamil yang sedang menggambarkan terjadinya perubahan pada keadaan mentalnya yang terjadi selama masa kehamilan dan pada masa awal setelah melahirkan. Adanya masalah ini ditandai dengan terjadinya gangguan pada memori serta ketidakmampuan dalam berfikir logis ataupun keduanya. Penurunan daya ingat yang terjadi pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan pada umumnya terjadi pada trimester yang ke dua dan trimester ke tiga. Beberapa ibu merasakan ganguan yang tersebut akan hilang dengan sendirinya 2 tahun setelah kelahiran bayinya namun sebagian lagi ada yang tetap bertahan dalam waktu yang cukup lama.
Kemungkinan mengalami mamnesia ketika anda hamil sedikitnya mengalami tiga hal seperti berkali-kali anda kehilangan kunci atau bahkan dompet anda. Tidak ingat meletakan suatu barang yang baru saja anda pegang beberapa menit sebelumnya. Anda sering lupa janji anda untuk menemui seseorang atau janji yang sudah anda buat sebelumnya. Sering berhenti berbicara tiba-tiba karena anda tidak ingat apa yang sedang anda dibicarakan. Kemudian anda juga sering lupa untu mematikan kompor saat anda memasak, hampir tersesat untuk pulang ke rumah disaat anda pulang dari toko dekat dengan rumah anda. Bahkan dalam kondisi parah anda bisa lupa siapa nama suami anda, anak dan anggota keluarga yang lainnya bahkan lupa nama anda sendiri.
Agar anda bisa meminimalisir gejala momnesia ini ada baiknya anda melakukan beberapa tips berikut ini :
1.    Catat semua hal yang wajib diingat, seperti disaat anda membuat janji kepada seseorang serta jadwal untuk mengkonsumsi vitamin. Selain itu catatlah semua hal yang akan anda tanyakan pada dokter anda ketika anda akan memeriksakan kehamilan pada doter kandungan anda. Simpanlah buku catatan tersebut pada tempat yang mudah diingat dan dijangkau.
2.    Simpan barang-barang yang menurut anda penting di dalam satu tempat saja. Seperti kunci motor, mobil atau rumah, dompel juga barang penting lainnya.
3.    Jika anda di tuntuy untuk mengingat sesuatu hal yang sangat penting, ada baiknya tenangkan pikiran anda terlebih dulu. Kemudian barulah anda dapat mencoba untuk memvisualkan kejadiannya. Seperti disaat anda diharuskan untuk menelpon suami anda namun anda tidak bisa mengingat nomor telpon suami anda.
4.    Fokuskan diri anda terhadap hal-hal yang penting. Buatlah sebuah pioritas dan curahkan sebagian energi pada fokus anda tersebut. Bagikan bebrapa tugas anda pada orang lain yang bisa anda percayai.
5.    Sebaiknya perbanyak jadwal tidur anda. Masalah momnesia ini kemungkinan akan berlanjut setela anda melewati proses melahirkan. Bagi ibu yang baru hamil mungkin akan kesulitan untuk memenuhi jam tidurnya, namun anda harus tetap mengusahakan untuk tetap tidur walau hanya sejenak.

6.    Sebaiknya anda hindari konsumsi suplemen bagi otak. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi suplemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar