Crystal X

Senin, 26 Januari 2015

Menstruasi Terhambat Akibat Kista Coklat? Ini Jawabannya

Endometriosis atau sering disebut sebagai kista coklat merupakan kista yang terjadi pada indung telur kecil seperti hal nya kista folikel dan pada umumnya kista ini tidak akan menimbulkan gejala terkecuali jika terjadi pecah dan terpuntir hingga dapat mengakibatkan sakit perut yang disertai rasa kaku dan distensi.
Kista yang memilki ukuran cukup besar ataupun kista yang jumlahnya banyak bisa mengakibatkan timbulnya rasa tidak nyaman di bagian panggul juga pinggang akan terasa sakit, rasa sakit yang berhubungan dengan hubungan seksual  juga terjadi pendarahan pada uterus. Penderita kista indung telur yang telah mengalami pemuntiran dapat mengakibatkan sakit perut akut.
Kista coklat atau endometriosis pada umumnya timbul saat permulaan kehamilan serta diameternya bisa menjadi besar sekitar 5 sampai 6 cm juga menghasilkan rasa yang tidak nyaman pada daerah panggul. Jika kista tersebut pecah akan terjadi pendarahan di bagian sisi dalam rongga perut penderitanya. Bagi wanita yang tidak sedang dalam masa kehamilan penyakit kista coklat dapat membuat menstruasi anda menjadi terlambat serta di ikuti dengan perpanjangan juga pendarahan iregiler.
Kista yang terjadi pada indung telur polistitik ini juga akan mengakibatkan tidak terjadinya mentruasi sekunder serta terjadinya penurunan pada siklus haid dan terjadi infertilitas. Pada umumnya para dokter dapat mendiagnosis kista pada indung telur ini menurut gejala serta tanda-tanda yang terlihat. Pemeriksaan fisik juga beberapa jenis pemeriksaan laboratorium dapat membantu diagnosis pada beberapa jenis kista.
Penyebab terjadinya kista coklat ini berasal dari peritoneum atau sel-sel yang ada pada selaput perut. Penyebab tersebut bisa disebabkan oleh infeksi kandungan yang menahun seperti keputihan yang tidak segera di obati yang akhirnya mengakibatkan berbagai macam kuman masuk pada selaput perut melewati saluran indung telur. Terjadinya infeksi tersebut dapat melemahkan daya tahan diselaput perut yang menjadikan tubuh anda mudah terserang oleh berbagai penyakit.
Gejala penyakit kista coklat begitu khas karena sangat berkaitan dengan siklus haid. Seperti yang anda ketahui disaat seorang wanita sedang dalam siklus haid tidak seluruh darah bisa keluar dari rongga rahim pada mulut area kewanitaan anda namun terdapat darah kotor yang memercik pada rongga perut.
Kondisi seperti itu dapat merangsang semua sel-sel rusak yang ada pada selaput perut yang akan mengakibatkan penyakit endometrisis. Karena sifatnya yang menyusup dan begitu perlahan endometriosis atau kista coklat ini sering sekali disebut sebagai kanker jinak. Endometriosis dapat tumbuh pada perut dan dengan perlahan dapat menyebar sampai seluruh organ pada tubuh seperti paru, hati juga usus bahkan sampai mata dan otak juga otot rahim.
Namun tempat bersarang yang sangat sering yaitu pada indung telur. Bentuk indung telur yang telah terkena endometriosis dapat berkembang dan juga bertambah sampai berukuran cukup besar ketika dating bulan.
Oleh karena itu tidak heran jika penderita gejala endometriosis sering mengalami rasa sakit disaat sedang datang bulan. Terjadinya hal tersebut akibatkan dari indung telur yang membengkak saat menstruasi. Biasanya disaat darah keluar sakit yang di rasakan akan semakin berkurang. Namun jika telah melekat pada perut dapat memicu munculnya rasa sakit yang luar biasa.

Semua anggota tubuh mulai dari kepala sampai betis akan terasa sangat sakit. Biasanya kista yang terjadi pada indung telur ini jarang dirasakan juga akan menghilang tanpa pernah dirasakan keberadaannya oleh sang penderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar