Crystal X

Selasa, 13 Januari 2015

Gangguan Makan Bisa Bunuh Seorang Wanita

Seiring dengan kemajun jaman maka semakin banyak pula wanita yang memiliki gangguan makan. Gangguan makan tersebut merupakan salah satu gangguan psikologis yang disebabkan oleh obsesi berlebihan akan bentuk ideal seorang wanita yang sedang tren dewasa ini. Ternyata gangguan ini memiliki efek yang membahayakan yaitu dapat menyebabkan kematian. Seperti yang dilansir vemale.com dituliskan bahwa kebanyakan orang tidak tahu banyak akibat yang akan ditimbulkan oleh gangguan makan.
Pada sebuah acara yang memiliki tema National Eating Disorders Awareness Week yang merupakan gerakan bersama untuk peduli pada para penderita gangguan makan. Seseorang yang menderita gangguan makan ini sama saja menuju jurang kehancuran dalam hidupnya. Karena gangguan tersebut bisa saja menyeret keluarganya dalam ambang batas finansial yang mapan atau bahkan mengakibatkan kemiskinan. Dan kebanyakan mereka para penderita gangguan makan tidak mendapat penanganan yang tepat dan cepat.
Beberapa gangguan seperti anorexia nervosa dan bulimia nervosa serta gangguan makan berlebihan ketika pesta merupakan bagian dari gangguan makan yang beresiko tinggi pada kehidupan anda. Beberapa jenis gangguan makan tersebut bukanlah pilihan yang tepat untuk anda jadikan sebagai gaya hidup, karena kebiasaan tersebut justru akan menimbulkan penyakit fisik yang terjadi dalam diri dan keluarga anda.
Diperkirakan akan ada 20 juta perempuan di dunia ini yang akan mengalami gangguan makan bahkan sapai pada titik jenuh kehidupan mereka. Titik jenuh atau putus asa tersebut bisa menyebabkan banyak kematian terutama kasus bunuh diri, dan Anoreksia merupakan gangguan mental yang paling fatal diantara masalah lain.
Sementara itu dana negara yang disediakan untuk penelitian gangguan mental yang menimpa para penderita gangguan makan jauh lebih sedikit. Contohnya sekitar 2,2 juta orang yang menderita Skizofrenia dan National Institutes of Health menunjukkan kisaran $ 268 juta yang setara dengan 3,4 Triliun rupiah dalam satu tahun untuk penelitian tersebut. Namun ada 30 juta orang yang menderita gangguan yang berbahaya ini dan hanya diberikan $ 34 juta atau setara dengan 432 Milyar rupiah yang akan digunakan sebagai dana penelitian saja.
Alangkah lebih baik masyarakat disadarkan akan bahaya yang akan diperoleh dari terjadinya gangguan makan. Salah satu caranya yaitu dengan cara meningkatkan kegiatan penelitian terkait dengan masalah gangguan makan yang didukung oleh dana yang memadai dari pemerintah. Makan merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga harus terpenuhi dengan tepat. Jika takut berat badan anda naik maka anda harus pandai mengatur pola makan harian anda.

Keluarga merupakan bagian yang memiliki peran yang sangat penting untuk terus menjaga keutuhan keluarga anda dari ancaman berbahaya dan salah satunya yaitu gangguan makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar