Crystal X

Senin, 17 November 2014

Hindari Makakanan Ini Agar System Reproduksi Anda Sehat


Untuk menjaga sistem reproduksi Anda agar sehat, sangatlah penting bagi anda untuk menjalani gaya hidup sehat yang meliputi makanan bergizi dan olahraga yang teratur. Setiap komplikasi yang timbul dalam sistem reproduksi akan menyebabkan organ reproduksi tersebut rusak, tidak seimbangannya hormon, kesuburan dan kesulitan dalam kehamilan. Jika kesehatan Anda terganggu karena pilihan gaya hidup dan makanan maka akan berimbas pula pada sistem reproduksi yang akan terganggu. Oleh sebab itu, penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari rencana akan kehamilan dalam rentan waktu dekat berdekatan dengan sesudah persalinan.
Untuk menjaga sistem reproduksi Anda berfungsi secara lebih optimal, hindarilah makanan ini untuk menjaga kesehatan reproduksi kita :
1.  Kafein
Kandungan kafein dapat mengakibatkan penurunan kesuburan selain itu  stimulan ini dapat mengganggu kesuburan Anda ketika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan yang selanjutnya dapat mempengaruhi dalam proses konsepsi. Oleh sebab itu, diusahakan untuk membatasi konsumsi kopi, konsumsi soda,dan teh berkafein serta coklat.
2.  Gula
Gula tidak hanya bisa menyebabkan obesitas akan tetapi juga tidak baik untuk sistem reproduksi. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih akan mempengaruhi gula darah dan tingkat energy  yang berlebih. Untuk memastikan kesehatan reproduksi anda tetap sehat, anda dapat meninggalkan konsumsi junk food dan konsumsi gula secara berlebih. Sebaiknya anda mulai membiasakan hidup sehat dengan meminimalisir pemakaian pemanis berbahan buatan.
3.  Alkohol
Secera keseluruhan alkohol tidak  baik untuk kesehatan begitu juga untuk sistem reproduksi anda. Alkohol dapat menyebabkan hilangnya kesempatan hamil sebanyak 50% dari wanita normal . Begitu juga dengan pasangan anda yang mengkonsumsi alkohol maka kesuburannya akan terganggu karena alkohol berperan dalam kualitas dan jumlah sperma yang diproduksi oleh alat reproduksi. Alkohol akan bersifat menggangu kesehatan janin anda beberapa kasus menemukan anak yang lahir prematur dan cacat dari wanita yang banyak mengkonsumsi alkohol.
4.  Karbohidrat tertentu
Kesuburan dipengaruhi oleh asupan makanan sehingga untuk anda yang ingin cepat-cepat memiliki anak maka anda dapat memilih karbohidrat kompleks dari pada karbohidrat lainnya. Karbohidrat kompleks bisa didapat dari serat dan biji bijian. Bagi anda yang ingin cepat hamil dapat memaksimalkan konsumsi beras merah dan roti gandum secara teratur. Karbohidrat yang bersifat cepat dicerna seperti nasi putih dan kentang dapat mempengaruhi gula darah secara cepat sehingga kurang baik dalam kesehatan reproduksi.
5.  Makanan Olahan mengandung lemak trans
Sebuah studi menunjukan adanya hubungan antara konsumsi lemak trans dengn kesuburan disebabkan adanya resiko Endometriosis ,yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel endometrium yang berada pada luar rahim. Lemak trans merupakan minyak yang berupa cairan yang padat dari proses hidrogenesi yaitu proses pengubahan asam lemak tidak jenuh menjadi lemak yang lebih berbahaya. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan reproduksi termasuk kesuburan maka hindari makanan olahan yang mengandung jenis lemak trans. Junk food adalah salah satu makanan yang menyumbang lemak trans terbesar untuk tubuh. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh yang umumnya berasal dari bahan nabati.
6.  Kandungan pestisida berlebih                   

Kontaminasi lingkungan seperti xenoestrogens dapat menyebabkan ketidakseimbangannya hormone anda. Untuk mencegah pestisida ini masuk dalam tubuh anda dan merusak sistem reproduksi anda. Maka untuk anda disarankan untuk mencuci dengan bersih buah dan sayuran sebelum anda dikonsumsi. Kandungan pestisida dapat ditemui pada jenis air minum tertentu yang telah terkontaminasi oleh bahan berbahaya lainya, perhatikan sumber asal air tersebut dan sebaiknya memang benar-benar dalam melakukan proses mendidihkan air tersebut sebelum anda diminum .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar