Crystal X

Kamis, 23 April 2015

Inilah Alasan Perempuan Lebih Sensitif Saat Dia Menstruasi

Kadar hormon estrogen dan juga kadar progesteron dalam tubuh seseorang saat seorang perempuan sedang menstruasi tidak hanya akan memengaruhi kondisi fisik tubuh mereka, tapi juga akan mempengaruhi kondisi psikisnya. Kondisi tersebut akan membuat perempuan yang sedang ada di dalam masa menstruasi seringkali akan berubah menjadi mudah marah.
Fluktuatifnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh perempuan memang sangat berpengaruh pada mood mereka. Darah yang keluar saan datang bulan juga seringkali menyebabkan daya tahan tubuh mereka semakin menurun, sehingga tubuh mereka akan menjadi mudah lelah dan timbul mood yang tidak stabil. Itulah kata Ardiansjah Dara yang merupakan dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang berasal dari MRCCC Siloam Semanggi.
Selain itu rasa nyeri yang akan timbul disaat masa menstruasi sedang berlangsung juga akan membuat perempuan menjadi lebih sensitive tanpa alas an yang jelas sebelumnya. Dara juga telah menjelaskan bahwa rasa nyeri yang terjadi pada saat menstruasi muncul disaat tubuh seorang wanita melepaskan hormon prostaglandin yang merupakan hormone yang bekerja untuk merangsang kontraksi otot yang diperlukan sebagai peluruh lapisan dinding rahim. Pada saat otot rahim mengalami kontraksi maka rasa nyeri atau kram pada umumnya juga akan muncul bersamanya.
Rasa nyeri yang terjadi inilah yang akan membuat perempuan jadi lebih sensitif seperti mudah marah atau menjadi lebih gampang menangis. Makan berbagai macam makanan sehat dan berolahraga dengan tepat akan mangurangi dampak negative saat seorang wanita masuk dalam masa datang bulan. Haid atau daang bulam memang merupakan hal yang biasa dialami seorang wanita, bahkan jika siklus datang bulan tidak teratur bisa menjadi indikasi adanya sebuah masalah.

Selain dengan hidup sehat dengan makanan sehat dan berolahraga dengan tepat, Anda juga harus teteap bisa mengontrol emosi Anda yang biasanya akan mudah terpicu saat Anda sedang haid. Jika psikis Anda terganggu saat Anda hai maka bukan akan menguntungkan bagi Anda tapi malah akan merugikan hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar