Crystal X

Sabtu, 15 Desember 2012

Terlambat Haid


Melancarkan Haid – Salah satu problem yang terjadi pada cewek yaitu menstruasi terlambat. Haid yang terlambat dapat disebabkan oleh sebab-sebab tertentu, diantaranya faktor fisik dan faktor psikis. Kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi yang bermasalah.

Tanda-tanda seperti migrain, mood swing atau nyeri pada perut dapat timbul menjelang menstruasi. Tanda-tanda tersebut dinamakan Pre Menstrual Syndrome (PMS). Bila rasa nyeri ini masih terasa saat datang masa menstruasi, hal itu dinamakan dysmenorrhea. Adapun kegagalan menstruasi dalam waktu yang cukup lama dinamakan dengan amenore.

Haid yang tidak lancar dapat disebabkan oleh banyak hal. Dibawah ini merupakan penyebab-penyebab menstruasi terlambat.

1. Adanya gangguan pada fungsi hormonal
Fungsi hormonal yang terganggu dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Gangguan tersebut disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan organ-organ yang menghasilkan hormon seperti hormon esterogen dan progesteron.

2. Berat badan tidak ideal
Memiliki berat badan yang kurang atau berlebih dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada metabolisme lemak yang dapat berpengaruh terhadap kadar esterogen didalam tubuh.

3. Nutrisi yang tidak seimbang
Makanan yang dikonsumsi setiap hari namun belum mencukupi asupan nutrisi tubuh dapat menyebabkan nutrisi tidak seimbang. Nutrisi yang tidak seimbang dapat memnyebabkan menstruasi terlambat.

4. Menjalani diet yang buruk
Banyak cewek yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, tidak semua diet adalah baik untuk kesehatan tubuh. Ada diet yang justru malah membahayakan tubuh.

5. Siklus haid dengan rentang waktu yang lumayan lama
Hal ini kebanyakan disebabkan karena tidak diawali oleh keluarnya sel telur.

6. Menderita penyakit kista
Umumnya penderita kista akan mengalami menstruasi dengan siklus yang tidak normal. Berbeda dengan orang yang menstruasi normal, caian darah yang dikeluarkan sedikit pada penderita kista.

7. Menderita diabetes
Penyakit diabetes juga merupakan penyebab menstruasi terlambat. Hal ini karena kadar gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan darah keluar secara berlebih selama menstruasi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada Beberapa tips mudah yang dapat diperbuat untuk mempermudah memperlancar menstruasi. Berikut ini adalah cara memperlancar menstruasi.

- Perbanyak konsumsi air putih.
- Mengonsumsi jamu, ramuan atau obat yang dapat berguna untuk mempermudah memperlancar menstruasi.
- Mengurangi kegiatan yang membuat anda kelelahan.
- Penuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
- Tidak mengangkat beban yang terlalu berat.
- Menjauhi santapan yang mengandung banyak lemak
- Lakukan kegiatan olahraga ringan, misalnya joging.
- Bagi yang menderita kista, sebaiknya menjauhi makanan yang asam dan pedas juga makanan cepat saji.

Crystal x mampu mengatasi keputihan, mioma hingga kista.

Itulah cara untuk memperlancar menstruasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar